GELAR BIMTEK AGEN PERUBAHAN

Kendal, bertempat di aula, SMK Negeri 1 Kendal menggelar Bimbingan Teknis ( BIMTEK) program roots anti perundungan bersama agen perubahan, Selasa (12/10). Bimtek ini melibatkan perwakilan siswa kelas X – XI sebanyak 30 orang agen perubahan dan 7 pengurus OSIS SMK Negeri 1 Kendal. Dengan menghadirkan 2 fasilitator intern/guru yang telah mengikuti pelatihan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kepala SMK Negeri 1 Kendal, Isniharsih Feriany, S. Pd., M. Si. dalam sambutan dan motivasinya mengatakan, kegiatan ini merupakan program Kemendikbud Ristek yang ditujukan kepada sekolah-sekolah penggerak SMK Pusat Keunggulan untuk mencegah terjadinya perundungan di lingkungan sekolah. “Kegiatan perundungan ini telah diprogramkan . Tapi ada 30 agen perubahan yang ikut berperan untuk pencegahannya,” kata Isniharsih Feriany.

Lanjut Isniharsih Feriany, harus bersyukur bahwa program ini sampai ke SMK Negeri 1 Kendal yang melibatkan peserta didik untuk bersama dengan bapak Ibu guru dalam berantas tindakan kekerasan dan bullying di lingkungan sekolah.

Ditegaskan, sudah 2 tahun kita mengalami situasi yang kurang maksimal dalam pelaksanaan belajar mengajar akibat pandemi yang berkepanjangan. Namun perlahan situasinya akan bergeser, seraya optimis akan melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas.

“Kepada 30 peserta didik, Isniharsih Feriany juga menyapaikan bahwa mereka akan menjadi duta-duta dalam penanganan perundungan,” ucapnya.

Untuk itu Isniharsih Feriany menambahkan, 30 peserta didik dan 7 pengurus OSIS sebagai agen perubahan ini merupakan anak-anak pilihan yang sudah diseleksi secara ketat. Mereka memilki tugas yang harus dikerjakan dalam sebuah program anti perundugan di sekolah.

“Kalian adalah anak-anak yang sudah dipiih sekolah untuk menjadi agen perubahan, oleh karena itu selesai Bintek kalian harus berperan aktif untuk pencegahan di lingkungan masyarakat maupun sekolah.” tambah Isniharsih Feriany.

“Dengan adanya agen-agen perundungan ini, diharapkan tidak ada lagi kejadian atau kasus perundungan di lingkungan SMK Negeri 1 Kendal.” tekannya..

Sebagai sasaran dari kegiatan ini, peserta Bimtek sebagai agen perubahan yang akan menyebarkan informasi dan mengimplementasikan program anti perundungan ini kepada seluruh peserta didik di lingkungan SMK Negeri 1 Kendal” tandasnya.

Muhammad Iqbal Reza Majid

Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti -
Kesiswaan - Pembina OSIS dan ROHIS SMK Negeri 1 Kendal